Modifikasimotor-id.blogspot.com - Motor jenis 2-tak punya kelebihan lain dibanding
mesin 4-tak. Tanpa ubahan lebih dari standarnya pun bisa asyik kalo
diajak akselerasi. Apalagi, kalo udah kena operekan seperti Ninja R 150
kepunyaan brad Firman Iriyanto. Gak heboh emang racikan Ninin 150 cc
ini. Cuma mengoptimalkan efisiensi pada gas buang jadi lebih
jos, buat harian oke, balap pun tetep digas.
Efisien Tapi Tetap Bertenaga
Bicara
soal efisiensi, udah pasti yang ditunjuk pipa cekung pada sepeda motor
jenis 2-tak alias knalpot. Menurut sang empuhnya si Ninin, asal masih
dapet hentakan power maksimal di rpm tinggi, buatnya udah cukup,
bradsis. “Berhubung gak banyak yang diubah, cuma pengaruh efesiensi
maksimal aja, akselerasi power tinggi udah dapat,” ungkap Firman yang
mengaplikasikan knalpot HRD Racing pada Ninja R 150-nya itu.
Terlebih
lagi, knalpot HRD Racing seri Batosai ini nerima saluran buang berkat
proses yang dihasilkan campuran bahan bakar dari olahan percikan api
busi yang disalurkan koil Cardspeed protect dan CDI 001 full wave.
Begitu juga dengan modifikasi yang dilakukan pada pulsernya, bradsis.
Motor makin enteng, lantaran pulser digeser 1 mm sama sang pemiliknya.
”Inilah kesan motor harian, kalo udah diajak fight, akselerasinya bisa
lebih diluar dugaan,” lanjut Firman.
Nah,
biar bukaan gas makin berasa saat dibetot dan saluran bahan bakar jadi
semakin teratur, doi mengaplikasikan karburator PWK KX 28. Settingannya
pun ngeklop dengan knalpot HRD Racing Project ini, bradsis. Suara
langsam yang dikeluarkan sangat halus. “Itulah kenapa saya lebih suka
pakai knalpot HRD Racing Project seri Batosai, karena keunggulannya dari
situ. Toh, memang knalpot saya yang buat,” tutup Firman sambil
bercanda. Dari soal settingan, sayangnya doi merahasiakannya. Bisa
dimaklumin, ini berurusan sama racikan dapur, bradsis.
Sumber dan Hak Cipta Images: Motorexpertz.com
Pesan Inspiratif:
Membuat motor standar yang siap untuk harian dan balapan itu hal lumrah
dan gampang-gampang susah. Seperti Ninja 150 R kepunyaan brad Firman
ini.
Saran:
Harus lebih dioptimalkan keadaan mesin yang masih standar, berpengaruh
ketika dipakai harian di jalanan macet bisa digas apa enggak.
Penilaian: (*8) Keren ; kalo RPM tinggi bisa didapat.
Note:
(1 *) : Kacau Banget, (2*): Payah, (3*) : Kurang kreatif, (4*) Terlalu
biasa : (5*): Oke, tapi… (6*): Lumayanlah (7*): Bagus, (8*): Keren,
(9*): Mantaff, (10*): Dahsyat
Data Modifikasi:
Ban
depan - belakang : FDR 60/80-17 & 70/90-17, Koil: Card Speed
Protect, CDI: 001 fullwave, Knalpot : HRD Racing Project, Karburator :
PWK KX 28, Pelek: TK Excel
Alamat Bengkel: HRD Racing Project, Jl.Raya H.Mencong No.72, Ciledug, Banten. No Telp. 0812-8849-9950
Sekian update informasi kali in seputar Kumpulan Gambar Modifikasi Ninja R 150 Tahun 2008 Mantap Balap Liar Terbaru 2014. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi desain modif motor kesayangan sobat semua. Salam.